7 Metode Menuntaskan Hidung Tersumbat

Wiki Article




Hidung tersumbat menjadi salah satu gejala yang dapat dijumpai pada penderita Covid-19 varian Omicron. Berikut metode memecahkan hidung tersumbat.
Hidung tersumbat dapat sungguh-sungguh mengganggu karena membuat penderitanya susah bernapas lewat hidung.

Dikala hidung tersumbat tak dapat menghirup oksigen, ingin tak berkeinginan akan mengandalkan mulut untuk bernafas. Meski jikalau terlalu lama bernapas melewati mulut tak baik untuk kesehatan.

Kecuali menyebabkan mulut menjadi kering, mulut memang tidak didesain untuk bernafas. Mulut tak memiliki proteksi menyaring udara-udara kumal, debu penuh bakteri, dan kuman, layaknya hidung.

Agar bisa kembali bernafas dengan normal, ketahui sistem memecahkan hidung tersumbat sebagai berikut.

1. Mandi air hangat
Mandi di bawah kucuran air panas dapat membantu meredakan problem hidung tersumbat. Namun temperatur airnya jangan terlalu tinggi, ya.

Usahakan tutup pintu kamar mandi sehingga uap air bisa terkumpul. Ketika uap air telah cukup banyak, tarik nafas dalam-dalam untuk melegakan sinus.

Uap yang dihasilkan dari air panas itu dapat mengurangi produksi lendir sehingga hidung dapat kembali bernafas dengan normal.

Meski uap panas itu tidak bertahan lama, melainkan sistem ini bisa dibuat solusi pilihan pelega sementara.

2. Perhatikan suhu ruangan
Berada di ruangan dengan temperatur udara yang hangat dan lembap juga menjadi salah satu cara yang cukup tepat sasaran untuk memecahkan hidung tersumbat. Pasalnya, ini dapat meredakan peradangan dan meredakan pembengkakan pembuluh darah di dalam hidung.

Sistem paling mudah yang bisa dilaksanakan yakni menghindari ruangan dengan suhu yang sangat dingin atau menyalakan air humidifier. Humidifier meningkatkan ion oksigen dan kadar air di udara.

Meski tidak memberikan manfaat yang konsisten dalam mengobati hidung tersumbat, melainkan alat ini membuat bernafas menjadi lebih mudah. Tidak heran sekiranya alat pelembap udara ini digunakan untuk penderita asma atau infeksi pernapasan.

Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan dan saluran hidung. Seandainya udara di ruangan terlalu kering, humidifier dapat membantu. Anda sepatutnya membersihkannya secara teratur untuk menghindari munculnya alergi here lainnya imbas pertumbuhan bakteri dan jamur.

3. Oleskan minyak kayu putih
Minyak kayu putih, salep, atau balsem bisa menjadi senjata ampuh untuk menjadi cara memecahkan hidung tersumbat. Oleskan minyak kayu putih ke permukaan lubang hidung supaya bisa terus menghirup wangi-wangiannya.

Jikalau dibutuhkan, oleskan pula di bagian dada supaya tubuh menjadi hangat dan lebih nyaman.

Minyak kayu putih atau eucalyptus oil yang terbuat dari daun kayu putih itu sudah digunakan selama ribuan tahun sebagai obat. Minyak kayu putih dapat membunuh kuman yang menyebabkan infeksi sinus dan meredakan peradangan pembuluh darah secara bertahap.

4. Perbanyak minum
Dikala sedang pilek berat, lendir akan mengental dan menyumbat hidung. Untuk menuntaskannya, perbanyak cairan tubuh dengan minum air hangat.

Air hangat bisa menolong mengencerkan lendir pada saluran pernapasan, mengurangi tekanan pada sinus.

Saat tekanan berkurang, peradangan dan nyeri akibat hidung tersumbat akan berkurang.

Jika tidak umum minum air hangat, cobalah konsumsi campuran teh jahe dan mint, air cuka apel, atau teh lemon dan madu hangat yang mengandung antiseptik dan dekongestan natural untuk melegakan napas.

Selain itu, teh memiliki kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang baik untuk membersihkan saluran hidung.

5. Berkumur dengan air garam hangat
Berkumur dengan air garam dapat melembapkan tenggorokan yang sakit dan gatal dikala hidung tersumbat serta memberikan kelegaan pada saluran pernapasan sementara.

Coba larutkan separuh sendok teh garam ke dalam dalam 200 ml air hangat, berkumurlah dan lakukan ini empat kali sehari.

6. Hirup uap hangat
Kecuali mandi air hangat, Anda juga dapat meletakkan wajah di atas baskom yang berisi air hangat dan mulailah menghirup uapnya.

7. Terbaring dengan bantal yang agak tinggi
Hidung tersumbat seringkali terjadi ketika tidur di malam hari. Maka, sebaiknya saat tidur gunakan bantal yang sedikit lebih tinggi, supaya lendir di dalam hidung dapat tetap mengalir ke dalam tenggorokan Anda.

Sesudah mengenal metode menuntaskan hidung tersumbat, cek dan konsultasikan ke dokter kalau disertai gejala lain dan tak kunjung mereda.

Report this wiki page